Buscar

Hari Pahlawan 2012



Apa sih makna hari pahlawan?
Sekarang banyak generasi muda, tanpa tahu apa makna hari pahlawan, dengan bangga berdandan memakai kostum pahlawan. Mbok kiro ini hari halloween, dandan pakai kostum-kostum tanpa tahu maknanya. Mungkin kita memang tidak bisa menghafal isi buku sejarah yang tebal-tebal, namun setidaknya mari mulai dari diri sendiri, dari kota kita sendiri. Jangan bangga dengan kotamu, kalau kamu belum mengenalnya lebih jauh.

Tanggal 10 bulan 11 tahun 12, banyak yang menyenangi karena bagus katanya. Ya, spesial sekali karena hari pahlawan jatuh pada tanggal yang indah. Acara konser digelar, parade dimana-mana, doa bersama dilakukan, dan lain sebagainya. Betapa besar apresiasi masyarakat Surabaya (bahkan Indonesia) terhadap para pahlawan yang telah gugur. 

Sebagai arek suroboyo, saya termasuk yang suka mlaku-mlaku ke tempat-tempat yang dicap sebagai Surabaya Heritage. Tempat-tempat bersejarah ini sampai sekarang masih dirawat dan terus diwariskan agar generasi selanjutnya tetap mengenang, atau lebih-lebih bersyukur atas hidupnya yang merdeka saat ini, yang bukan pemberian londo, namun didapat dari perjuangan, pengorbanan, dan nyawa para pahlawan. Tujuan saya sendiri, ingin lebih tahu sejarah kota yang saya bangga-banggakan, ingin lebih merasakan kilas balik betapa membaranya semangat arek suroboyo dulu, sekaligus mengagumi keestetikan peninggalan yang ada. Foto-foto itu bonus.

Saya lahir, tinggal, tumbuh, dan berproses selama delapan belas tahun di Kota Surabaya, dan saya yakin saya tidak sendiri. Ada keinginan menyumbang untuk kota tercinta ini, dan apa yang bisa kita lakukan? Sebarkan, dan sebarkan semangat juang, bangga jadi arek suroboyo, tidak malu dengan aksen medhok suroboyoan. Namun, tetap ingat, kita satu Indonesia. Karena segala sesuatu yang 'berlebihan' pasti tidak baik, kan? :)

Beruntung saya punya teman-teman yang setia, dalam suka maupun duka, dalam motor maupun jalan kaki, dalam panas maupun mendung (kapan hujan ya, Surabaya?)

Merdeka atau mati!
Salam satu nyali, WANI!
lucky ariatami

Bonus, foto-foto saya.. hihihi :D
Jadi tanggal 12 kemarin kita jalan-jalan seharian, dan mampir-mampir.. mulai dari House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, Kalimas (Taman Prestasi), dan puncaknya nonton parade di Balai Kota (Taman Surya). All photo by Detta Priyandika (entah apa nama kameranya, ora weruh)

HOS
Taman Prestasi
Tugu Pahlawan

Balai Kota Surabaya, kala senja.

0 komentar: