Buscar

Lost in Frenchlation #1: Swimming Pool (2003)

Lost in Frenchlation merupakan acara pemutaran film Prancis yang diadakan oleh IFI Surabaya dan komunitas Screen Pills. Pada bulan Oktober ini dua film bertemakan thriller karya sutradara terbaik Prancis akan diputar pada hari Kamis tanggal 20 dan 27 Oktober 2016 di auditorium IFI Surabaya. Pemutaran film ini terbuka untuk umum (18+) dan tidak dikenakan biaya masuk.




Pada hari Kamis 27 Oktober pukul 18.00 saya berkesempatan menonton film Swimming Pool (2003) karya François Auzon. Film ini bercerita mengenai "pengasingan diri" Sarah Morton, seorang perempuan penulis, yang sedang kehabisan ide untuk menulis kelanjutan novel misterinya. Sarah pergi ke sebuah rumah di daerah pedesaan milik John, agen penerbitnya. Di tempat inilah semua rangkaian peristiwa terjadi.


Swimming pool (movie).jpg
"Swimming Pool" karya François Auzon
2003 | 18+ | 1 jam 43 menit
Sejak awal kedatangannya, Sarah menyoroti kolam renang di halaman belakang rumah tersebut tetapi ia tak hendak berenang. Suatu saat datanglah Julie, seorang perempuan remaja yang mengaku anak dari John. Hanya Julie yang sangat sering berenang di sana.
Sarah sangat terganggu dengan kebiasaan Julie membawa laki-laki yang berbeda tiap malam untuk melakukan aktivitas seksual sehingga Sarah kerap mengabaikan keberadaan Julie. Namun, semakin ia mengabaikannya semakin ia penasaran dengan pribadi Julie. Mereka pun lambat laun semakin akrab, Julie menceritakan mengenai ibunya yang sudah meninggal dan ingin sekali menulis novel, tapi ayahnya enggan menerbitkan.  Kedekatan mereka membuat Sarah menulis novel yang terinspirasi dari latar belakang Julie.

Suatu saat Frank, salah satu kekasih Julie dan seorang pelayan di kedai yang sering dikunjungi Sarah, menghilang. Sarah menemukan fakta bahwa Julie membunuhnya sebab menolak ajakannya untuk berhubungan seks. Sarah membantu Julie menguburkan Frank, dan atas hal tersebut Julie berterima kasih dan meninggalkan kopian novel tulisan almarhum ibunya untuk Sarah saat hendak pergi.

Akhir film ini cukup membingungkan sebab diceritakan di kantor John, Sarah memberikan novelnya yang sudah selesai, dan saat meninggalkan kantor tersebut anak perempuan John datang dan sosoknya bukanlah Julie yang selama ini ditemui oleh Sarah.

Unsur twist yang cukup rapi hingga adegan akhir inilah yang membuat film ini layak diapresiasi lebih. Saya pikir, rangkaian peristiwa sejak Sarah di rumah pedesaan merupakan cerita dari novel Sarah itu sendiri. Sarah adalah penulis novel misteri sehingga ia menuliskan sebuah kejadian misteri pembunuhan oleh seorang gadis. Ia mengangkat sebuah motif pembunuhan yang sederhana, penolakan yang berujung pembunuhan, sebab pelaku tidak bisa menerima penolakan dikarenakan  memiliki latar belakang keluarga yang tidak harmonis, sehingga ia membutuhkan pelarian dan aktivitas seksual dianggap sebagai jawaban.

Kolam renang sendiri merupakan kunci utama cerita dalam film ini, sebuah simbol atas "sesuatu yang tidak seperti kelihatannya". Meski air terlihat tenang, bisa saja menenggelamkan. Pemaknaan ini bisa jadi hanya sekadar pemaknaan sambil lalu, untuk dapat mengetahui yang lebih mendalam tentu perlu diperhatikan lebih dalam tiap detail film ini. Secara keseluruhan saya pikir Swimming Pool memang menyuguhkan misteri yang cukup "mikir", namun alun cerita dalam film ini cukup menguras kesabaran karena mengandung unsur melo drama dan cukup lamban.



0 komentar: